Sabtu, 20 Desember 2014

Distance Measuring Equipment (DME)

  1. PENGERTIAN DME(DISTANCE MEASURING EQUIPMENT)
Distance Measuring Equipment (DME) merupakan sebuah alat bantu navigasi yang beroperasi menurut radar sekunder. DME merupakan sebuah alat yang memberikan informasi jarak dan posisi pesawat terbang dengan ground station, DME umumnya berpasangan dengan VOR (Very High Omni-Directional Range). Dengan daya yang dikeluarkan sebesar 1000 Watt (very high). Dalam pengoperasiannya pesawat udara mengirimkan sinyal pulsa interrogator yang berbentuk sinyal acak (random) kepada ground station. Kemudian ground station mengirimkan sinyal ke pesawat udara sebagai balasan yang kemudian akan di tunjukan pada instrumen indikator pesawat udara dalam satuan NM (Nautical Mile). Jarak maksimal yang dapat diukur oleh DME sebesar 300NM (1NM=1850 meter) terhadap gruond station tujuan dan terhadap ground station yang ditinggalkan.

  1. Komponen DME, terdiri dari :
    1. Antenna
    2. DME Interrogator
    3. Indicator
  1. Fungsi DME
    Bberapa fungsi DME, antara lain :
  1. DME menunjukan lokasi dari VOR ground station tujuan.
  2. DME bisa dipergunakan secara bersamaan dengan ILS (Instrument Landing System), dengan fungsi memberikan sinyal untuk jarak dan arah secara terus menerus kepada pilot ketika pesawat akan melakukan pendaratan di suatu Bandara.
  1. Prinsip Kerja DME
    DME bekerja pada frekuensi 962-1213 MHz, termasuk band frekuensi UHF (Ultra High Frequency). Band frekuensi tersebut terbagi menjadi 252 kanal, 126 kanal X dan 126 kanal Y yang memiliki frekuensi masing-masing sebesar 1 MHz. Hal ini berlaku pada interrogator dan reply, frekuensi interrogator dan reply memiliki perbedaa ssebesar 63 Hz. Berikut ini merupakan prinsip kerja dari fasilitas navigasi DME :
  • sepasang sinyal berupa pulsa-pulsa dikiriman dari transmitter yang ada di pesawat terbang menuju ke transponder di groun station yang kemudian akan diproses.
  • Setelah pemeriksaan sinyal yang di kirimkan ke ground station, secara otomatis ground station akan mengirimkan sinyal balasan ke pesawat tersebut.
  • Sinyal yang diterima menunjukan jarak antara pesawat dengan ground station dalam satuan NM.
DME juga dapat menampilkan ground speed dalam satuan knots dan DME juga dapat menampilkan waktu menuju ke ground station tujuan dalam satuan menit. Frekuensi yang digunakan dalam pengoperasian DME ialah frekuensi UHF band yang berpasangan dengan frekuensi VHF dari VOR.
Adapun cara menghitung jarak pesawat dengan ground station dengan rumus.


R= ½ c (T-t)
dimana :
R= jarak pesawat ke ground station. (NM).
C= kecepatan rambat sinyal radio. (3x108 m/s).
T= waktu pengiriman dan penerimaan sinyal.
t= penundaan penerimaan sinyal dari ground station.




REFERENSI :
anonim, Fungsi Kegunaan Fasilitas Telekomunikasi, Navigasi udara dan Listrik. Northsop, Wilcox, 1984, Distance Measuring Equipment, Kansas City, Missouri, USA.
Direktoraat Jendral Perhubungan Udara. 2005. Operations & Maintenance Manual 1119 DME. Jakarta: Divisi Fasilitas Elektronika Penerbangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar